Jumat, 27 November 2015

PANCASILA SEBAGAI SYSTEM FILSAFAT



Pancasila sebagai sistem filsafat (segala yang ada) untuk mengetahuinya bahwa perlu dijabarkan tentang syarat-syarat filsafat terhadap pancasila tersebut, jika syrata sistemnya cocok pada pancasila maka pancasila merupakan sistem filsafat. Sebagaimana suatu logam dikatan emas bila syarat-syarat emas terdapaat dalam logam tersebut. Penjabaran filsafat terhadap pancasila :
  1. Objek filsafat : yang pertama objek material adalah segala yang ada dan mungkin ada. Objek yang demikian ini dapat digolongkan ke dalam tiga hal, yaitu ada Tuhan, ada manusia, dan ada alam semesta. Pancasila adalah suatu yang ada, sebagai dasar negara rumusannya jelas yaitu :
  2. Ke-Tuhanan Y.M.E
  3. Kemanusiaan yang adil dan Beradab
  4. Persatuan Indonesia
  5. Kerakyatan yang dipimpin dalam permusyawaratan perwakilan
  6. Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
Metode filsafat adalah kontemplasi atau perenungan atau berfikir untuk menemukan hakikat. Jadi di sini bukan berfikirnya, tetapi cara menemukan hakikat, atau metode menemukan hakikat. Secara umum ada dua dan tiga dengan metode campuran, yaitu metode analisa, metode sintesa serta metode analisa dan sintesa (analiticosyntetik) . Demikian juga Pancasila, ia temuikan dengan cara-cara tertentu dengan metode analisa dan sintesa, nilai-nilainya digali dari buminya Indonesia.
Sistem filsafat : setiap ilmu maupun filsafat dalam dirinya merupakan suatu system, artinya merupakan suatu kebulatan dan keutuhan tersendiri, terpisah dengan system   lainnya. Misalnya psykhologi merupakan kebulatan tersendiri terpisah dan berbeda dengan anthropologi, demikian seterusnya ilmu-ilmu dan filsafat yang lain.  Pancasila sebagai suatu Dasar Negara adalah merupakan suatu kebulatan. Memang     terdiri dari lima, tetapi sila-sila tersebut saling ada hubungannya satu dengan  lainnya secara keseluruhan, tidak ada satupun sila yang terpisah dengan yang lainnya. Oleh karena itu dapat diistilahkan “Eka Pancasila”, lima sila dalam satu        kesatuan yang utuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar